Bolehkah Ibu Menyusui Kerokan Saat Masuk Angin?

Bolehkah Ibu Menyusui Kerokan Saat Masuk Angin? – Masuk angin adalah kondisi yang sering dialami oleh banyak orang, termasuk  para ibu yang sedang menyusui.

Apakah ibu menyusui boleh di kerok?
Ibu menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan kerokan. Meskipun kerokan dapat memberikan beberapa manfaat, ada risiko tertentu yang perlu dipertimbangkan, terutama terkait dengan kesehatan bayi.

Ketika gejala masuk angin muncul, seperti pegal-pegal, batuk, dan pilek, banyak dari kita mencari cara untuk meredakannya. Salah satu metode yang kerap dipilih adalah kerokan. Namun, seberapa amankah kerokan untuk ibu menyusui? Mari kita telaah lebih dalam.

 

MANFAAT KEROKAN UNTUK IBU MENYUSUI

Kerokan[1] sebagai salah satu metode pengobatan tradisional, telah dikenal memiliki beragam manfaat, terutama dalam mengatasi gejala masuk angin. Untuk ibu yang sedang menyusui, beberapa manfaat kerokan adalah sebagai berikut:

Meredakan gejala masuk angin
Gejala seperti pegal-pegal, batuk, dan pilek dapat diringankan dengan melakukan kerokan. Proses ini dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh ibu yang sedang menyusui.

Meningkatkan Aliran Darah & Sirkulasi
Kerokan dapat membantu meningkatkan aliran darah dan melancarkan sirkulasi tubuh. Ini dapat mempercepat proses pemulihan dari masuk angin serta membantu tubuh merasa lebih segar.

Meredakan Stres dan Meningkatkan Relaksasi
Selain manfaat fisiknya, kerokan juga diketahui dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan rasa relaksasi. Bagi ibu yang tengah sibuk dengan tugas menyusui dan merawat bayi, relaksasi menjadi hal yang penting untuk kesejahteraan mental dan fisik.

Lalu Jika ibu menyusui masuk angin apakah berpengaruh pada bayi?
Masuk angin pada ibu menyusui tidak secara langsung berpengaruh pada bayi. Namun, jika ibu mengalami gejala yang berat atau menggunakan metode pengobatan tertentu seperti kerokan, ada potensi risiko yang dapat memengaruhi kesehatan bayi.

 

RESIKO KEROKAN UNTUK IBU MENYUSUI

Meskipun memiliki manfaat, kerokan juga memiliki risiko tertentu yang perlu diperhatikan, terutama bagi ibu yang sedang menyusui. Beberapa risiko tersebut meliputi:

  • Bahan Kerokan Yang Berbahaya
    Bahan yang digunakan biasanya koin logam yang dalam proses kerokan bisa mengandung zat berbahaya yang dapat membahayakan bayi melalui ASI. Zat-zat tersebut dapat masuk ke dalam tubuh bayi melalui ASI dan menyebabkan efek negatif.
  • Resiko Luka Bakar atau Lecet & Infeksi
    Salah satu risiko yang mungkin terjadi selama proses kerokan adalah luka bakar atau lecet. Luka bakar tersebut dapat berpotensi menyebabkan infeksi jika tidak ditangani dengan baik. Hal ini menjadi risiko yang perlu diperhatikan oleh ibu yang sedang menyusui.
  • Potensi Memperparah Kondisi Kesehatan Tertentu
    Kerokan juga dapat memperparah kondisi kesehatan tertentu, terutama jika tidak dilakukan dengan hati-hati dan oleh seseorang yang terlatih. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan kondisi kesehatan ibu dan anak sebelum melakukan kerokan.

baca juga `: Halau Tanda-tanda Masuk Angin Di Musim Penghujan

Begitu banyak pertanyaan mengenai “Boleh nggak sih ibu menyusui kerokan pas lagi masuk angin?” tentunya kerokan untuk ibu yang sedang memberikan ASI pada buah hatinya perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan berikut.

 

TIPS AMAN KEROKAN UNTUK IBU MENYUSUI

Lalu Bolehkah Ibu Menyusui Kerokan Saat Masuk Angin? Inilah tips aman bagi ibu yang sedang menyusui dan ingin melakukan kerokan, ada beberapa tips yang dapat membantu menjaga prosesnya tetap aman, antara lain:

  1. Konsultasikan Dengan Dokter
    Sebelum melakukan kerokan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter dapat memberikan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan ibu dan bayi.
  2. Pilih Tukang Kerokan Yang Terpercaya
    Pastikan untuk memilih tukang kerokan atau pijat kerok terdekat khusus wanita yang terpercaya dan menggunakan bahan kerokan yang aman. Tanyakan juga tentang sterilisasi alat-alat yang digunakan.
  3. Hindari area Tubuh Sensitif
    Saat melakukan kerokan, hindari area tubuh yang sensitif seperti payudara dan perut. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya masalah lebih lanjut.
  4. Bersihkan Area Yang Dikerok
    Setelah proses kerokan selesai, pastikan untuk membersihkan area yang dikerok dengan air dan sabun. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya infeksi.
  5. Perhatikan Reaksi Bayi
    Setelah melakukan kerokan, perhatikan reaksi bayi dengan seksama. Jika ada tanda-tanda tidak biasa atau reaksi yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan dokter.

 

ALTERNATIF KEROKAN UNTUK IBU MENYUSUI

Selain kerokan, ada beberapa alternatif lain yang dapat dipertimbangkan oleh ibu menyusui untuk meredakan gejala masuk angin, antara lain:

  • Kompres Air Hangat
    Mengompres area yang pegal dengan air hangat dapat membantu meredakan pegal-pegal tanpa risiko yang terlalu tinggi.
  • Minum Air Putih Banyak
    Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik juga membantu dalam proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  • Konsumsi Makanan Bergizi
    Makanan bergizi membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga membantu tubuh melawan infeksi
  • Istirahat Cukup
    Jangan lupakan pentingnya istirahat yang cukup untuk membantu tubuh pulih dan menyegarkan kembali diri.

 

PENUTUP

Apa obat masuk angin untuk ibu menyusui? Sebelum menggunakan obat-obatan tertentu untuk meredakan masuk angin, ibu menyusui sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter dapat memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi kesehatan ibu dan bayi.

Jadi bolehkah Ibu Menyusui Kerokan Saat Masuk Angin? baiklah, dengan memahami manfaat, risiko, serta tips amannya, ibu menyusui dapat membuat keputusan yang bijak terkait dengan melakukan kerokan saat masuk angin.

Selalu prioritaskan kesehatan dan keselamatan, baik untuk diri sendiri maupun untuk bayi yang sedang disusui. Jika masih ragu atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

Link Sumber dari artikel “Bolehkah Ibu Menyusui Kerokan Saat Masuk Angin?” :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kerokan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *